Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Yang Perlu Anda Ketahui

Kata kata bijak bahasa jawa yang perlu anda ketahui adalah wong sing menang iku wong sing ngasorake priyanggane dewe. Artinya orang yang menang adalah orang yang bisa mengalahkan dirinya sendiri. Ini memang merupakan kata kata yang harus bisa diterapkan pada orang di zaman ini. Anda tahu bahwa banyak sekali orang zaman ini yang tak mampu mengalahkan dirinya sendiri atau tak mampu mengalahkan egonya sendiri. Ego disini adalah banyak hal bukan hanya kemaunan sendiri yang lebih dipentingkan dari pada kepentingan umum. Namun ego lainnya adalah berbicara saat ada orang berbicara, tak mau mengalah walaupun salah, tak mau minta maaf karena gengsi. Bahkan yang lebih parahnya adalah ingin dimengerti namun tak mau mengerti orang. Beberapa kelakuan ini memang merupakan salah satu kelakuan yang pastinya bisa membuat anda menjadi salah satu anak yang pastinya ego atau juga pastinya membuat banyak orang tak mampu untuk mengalahkan sendiri. Hasilnya timbul pertengakaran, tak mampu untuk diterima orang. Jadi caranya adalah mengalahkan diri dahulu dan anda bisa dikatakan menang.

Selain itu ada kata kata bijak bahasa jawa lainnya yaitu ojo tinggal nyolong playu. Artinya jangan meninggalkan tanggung jawab. Pastinya kebanyakan dari kita sudah tahu hal yang satu ini yaitu jangan meninggalkan tanggung jawab. Karena anda perlu tahu bahwa meninggalkan tanggung pastinya tak akan membuat anda tenang selamanya. Karena anda kaan dikejar karena tak menyelesaikan tanggung jawab tersebut. Sesusah apapun tanggung jawab yang anda miliki, anda perlu untuk menyelesaikannya. Anda bisa meminta bantuan karena tak ada tanggung jawab dengan aturan tanpa bantuan orang lain. Dengan begini anda bisa menyelesaikan tanggung jawab anda.


Ternyata bahasa jawa yang sering anda dengar sehari-hari memiliki kata kata bijak yang mampu untuk membantu anda dalam menjalani kehidupan yang ada ini. Bahkan juga mampu untuk membuat anda dapat memiliki pandangan baru atau pola pikir baru shiengg anda menjadi orang yang lebih baik lagi kedepannya menjalani hidup yang merupakan anugrah ini.