5 Cara Mengatasi Varises yang Terjadi pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan akan terjadi peningkatan volume darah di dalam tubuh Anda. Kondisi ini akan membebani pembuluh darah sehingga berpengaruh pada aliran darah dari kaki hingga ke panggul Anda. Tekanan pembuluh darah vena yang terjadi pada daerah tersebut akan meningkat sehingga menyebabkan terjadinya varises. Berikut cara mengatasi varises pada ibu hamil.


1.      Mengatur Posisi Kaki

Gerakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi varises selama masa kehamilan yang paling mudah yaitu dengan menaikkan kaki. Caranya tubuh Anda dengan posisi berbaring kemudian letakkan beberapa batal pada kaki dengan posisi lebih tinggi dari pada jantung. Ketika melakukan posisi ini Anda akan membantu sirkulasi darah menjadi lebih cepat.

Selama masa kehamilan hindari untuk membuat kaki duduk terlalu lama. Jika Anda bekerja dan harus duduk dengan waktu yang lama maka lakukan istirahat berkala. Hindari melakukan posisi duduk dengan menyilangkan kaki selama masa kehamilan.  

2.      Menjaga Tubuh

Salah satu upaya untuk mengatasi varises selama kehamilan dengan menjaga kondisi tubuh yaitu berat badan. Saat hamil beban Anda tentu akan bertambah dan Anda perlu menjaga kenaikannya yang terlalu tinggi karena akan berisiko pada kaki Anda. Lakukan konsultasi secara berkala ke pada dokter untuk mengetahui perkembangan berat badan dan kandungan Anda seimbang.

Cara menjaga tubuh selama masa kehamilan bisa Anda lakukan dengan rutin olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Olahraga juga berfungsi untuk mencegah timbulnya varises. Anda bisa melakukan olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti senam atau pun jalan santai di pagi hari yang juga baik untuk kandungan.

Agar olahraga Anda berlangsung dengan aman dan nyaman sebaiknya menggunakan pakaian yang khusus untuk ibu hamil. Seperti menggunakan celana khusus ibu hamil yang tidak akan menghambat kerja aliran darah. Celana khusus ibu hamil bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan ibu dan bayi. Hadir dengan harga spesial diskon lebaran 2018 hingga 10%.

3.      Kenakan Stoking Kompresi

Penggunaan stoking kompresi bermanfaat untuk membantu untuk menghindari terjadinya penumpukan darah pada bagian kaki Anda. Stoking ini biasanya tersedia di toko farmasi atau pusat pelayanan kesehatan untuk ibu hamil. Anda bisa menanyakan keamanan stoking ini kepada dokter yang ahli di bidangnya.

4.      Batasi Mengonsumsi Garam

Anda bisa mengatasi varises dengan mengurangi mengonsumsi asupan garam (sodium) selama kehamilan. Kandungan yang ada pada garam dapat menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah vena. Selain itu, kondisi ginjal yang tidak mampu untuk melakukan penyaringan kelebihan garam pada urine yang akhirnya menyebabkan pembekakan pada kaki.

Konsumsi garam yang berlebihan juga akan berdampak bagi pembentukan ginjal pada janin Anda. Dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan obesitas. Bahkan garam yang berlebihan juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

5.      Posisi Tidur

Cara tidur yang bisa mengatasi varises selama kehamilan dengan kondisi tubuh yang miring. Posisi yang miring ini bermanfaat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh vena di kaki sehingga membuat sirkulasi darah kembali normal.

Varises merupakan masalah pada kaki yang cenderung terjadi pada masa kehamilan. Salah satunya karena beban yang tertumpu pada kaki. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat varises sebelum masa kehamilan. Anda harus berhati-hati dan menjaga aktivitas juga makanan yang dikonsumsi.