Desa Wisata Kalimantan Tengah Yang Berlimpah

Selain kota wisata, Kalimantan tengah juga dikenal memiliki desa wisata kalimantan tengah yang wajb dikunjungi oleh turis lokal maupun manca negara. Desa ini tentu akan membuat anda bisa merasakan sensasi berwisata yang berbeda dari tempat lainnya. Julukan desa wisata juga pasti karena memiliki sederet wisata yang menarik dengan segala fasilitas dari masyarakat sekitar yang menunjang bagi anda yang sedang berkunjung kesana.

Di tahun 2018 ini ada 11 kelurahan yang diajukan sebagai desa wisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwasat Palangkaraya agar bisa memajukan perokonomian masyarakat di desa tersbuet dengan menonjolkan sektor pariwisata mereka dimana 3 diantaranya juga dinobatkan sebagai desa budaya. Kesebelas desa atau kelurahan tersbut adalah sebagai berikut: 1) Desa Kenarakan, 2) Desa Sei Gohong, 3) Desa Kereng Bangkirai, 4) Desa Tangkiling, 5) Desa Kelampangan, 6) Desa Pahandut Seberang, 7) Desa Tumbang Rungan, 8) Danau Tundai, 9) Desa Pahandut, 10) Desa Mungku Baru, dan 11) Desa Habaring Hurung. Sedangkan desa yang ditunjuk sebagai desa budaya adalah Tangkiling, Mungku Baru, dan Danau Tundai.


Selain dari kesebelas desa yang ada di Palangkaraya tersebut masih ada desa lain lagi yang juga ditetapkan sebagai desa wisata yang letaknya diluar kota Palangkaraya atau di kabupaten yang ada di Kalimantan tengah. Salah satu desa wisata yang juga dikenal dengan destinasi wisata kalimantan tengah terpopuler yakni Danau Sanggu yang letaknya terdapat di Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Tempat ini selalu ramai pengunjung karena keindahannya dan juga ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung sperti gazebo, perahu bebek dan juga area bermain untuk anak disekitar danau ini. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai wisata untuk kunjungan keluarga yang ingin berpiknik pada hari libur. Dimana letak danau ini tak jauh dari Danau Malawen yang dikenal sebagai danau keramat suku Dayak terutama suku dayak yang aa di Barito Selatan. Kawasan danau ini tak jauh dari pusat Kecamatan, hanya berjarak 20km dari Kecamatan Dusun Selatan.